Beranda > Islam > Keutamaan membaca “subhanallah walhamdu lillah wala ilaha illallah wallahu akbar ….

Keutamaan membaca “subhanallah walhamdu lillah wala ilaha illallah wallahu akbar ….


Disebutkan dalam kitab “Ihya` Ulumuddin” karya Imam al-Ghazali, Zaid bin `Asham meriwayatkan dari Anas bin Malik bahwa suatu ketika sekelompok kaum fakir miskin mengutus salah seorang dari mereka menjumpai Rasulullah saw. Utusan tersebut berkata, “Aku adalah seorang utusan yang diutus oleh kaum fakir miskin untuk menjumpaimu.” Rasulullah berkata, “Selamat datang, engkau datang dari sekelompok kaum yang kucintai.” Utusan tersebut kemudian berkata, “Wahai Rasulullah, sesungguhnya mereka orang-orang kaya dapat bepergian untuk melaksanakan kebaikan, mereka dapat menunaikan ibadah haji sedangkan kami tidak, mereka dapat menunaikan ibadah umrah sedangkan kami tidak. Dan jika mereka sakit, mereka dapat berbuat apa saja demi kebaikan mereka.”

Kemudian Rasulullah saw berkata kepada utusan itu, “Sampaikanlah dariku kepada kaum fakir miskin bahwa barangsiapa dari kalian bersabar dan ikhlas, maka ia akan mendapatkan tiga keuntungan yang tidak akan didapatkan oleh orang-orang kaya. Pertama, di surga terdapat suatu tempat yang mana penduduk surga memandanginya sebagaimana penduduk bumi memandang bintang yang ada di langit. Tidak seorangpun masuk ke dalamnya kecuali Nabi yang fakir atau syahid yang fakir atau mukmin yang fakir. Kedua, kaum fakir masuk ke dalam surga setengah hari lebih dahulu dari orang-orang kaya, dan setengah hari tersebut adalah lima ratus tahun lamanya. Ketiga, jika kaum fakir mengucapkan subhanallah walhamdu lillah wala ilaha illallah wallahu akbar, dan orang-orang kaya mengucapkannya pula, maka orang-orang kaya tidak dapat menandingi kaum fakir.”

Utusan tersebut kemudian kembali dan menyampaikan apa yang telah dikatakan oleh Rasulullah saw untuk kaumnnya. Setelah mendengar apa yang dikatakan oleh Rasulullah saw melalui utusan tersebut, merekapun berkata, “Kami rela.. kami rela..”

Wallahu A’lam

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: