Beranda > Islam > Tanda & Gejala Hari Kiamat

Tanda & Gejala Hari Kiamat


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Tanda dan gejala hari kiamat telah dikabarkan Allah Swt melalui al Qur’an dan hadist dari Nabi Muhammad Saw yang amat transparan agar umat Islam dapat mengetahui dari tanda2 tsb dan dapat menghindari dengan tetap perpegang teguh pada tali/buhul agama Allah dan tuntunan RasulNYA.

Allah Swt berfirman, “Maka tidaklah yang mereka tunggu melainkan hari kiamat yaitu kedatangannya kepada mereka dengan tiba_tiba karena sesungguhnya telah datang tanda-tandanya” (QS.Muhammad:18)

Nabi Muhammad Saw bersabda ‘akan datang suatu masa dimana umatku menjauhkan diri dari para ulama dan fuqaha,maka Allah akan menimpakan 3 bencana atas mereka yaitu dicabutnya keberkahan,dikuasakan pemimpin yang dzalim atas mereka dan mereka meninggal dunia tanpa iman’. (alhadìst)

Dari Anas bin Malik Ra bahwa bersabda Nabi Saw ‘Sesungguhnya sebagian tanda-tanda dekatnya hari kiamat adalah hilangnya kemanfaatan ilmu,tetapnya kebodohan,diminumnya khamer,merajalelanya perzinahan dengan terang terangan,banyaknya wanita dan sedikitnya laki2 sehingga limapuluh wanita mempunyai satu pelindung laki2’. (HR.Bukhari)

Sabda Nabi Saw ‘akan datang suatu masa dimana seorang lelaki berkeliling membawa emas untuk bersedeqah lalu tidak ada seorangpun yang menerimanya. Dan pada masa itu terjadi seorang laki2 diikuti oleh empat puluh wanita yang semuanya akan berlindung kepadanya karena sedikitnya laki2 dan banyaknya kaum wanita’ (HR.Bukhari Muslim)

Demikian keadaan zaman saat itu menjelang hari kiamat dimana fitnah dan kemaksiatan merajalela. Pemandangan disekitarnya dipenuhi godaan dan ujian bagi orang yang bertaqwa,sangat amat sulit menjalankan perintah agama sehingga digambarkan dlm hadist yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik bahwa Nabi Saw bersabda ‘akan datang suatu masa pada manusia dimana orang yang sabar berpegang teguh pada agamanya,mereka ibarat memegang bara api’. (HR.Turmudzi)

Bahkan perputaran waktu seolah sangat cepat berputar entah memang Allah Swt mempercepatnya atau karena saking sibuknya manusia dlm kelalaian dunia,Allahu a’lam. Sabda Nabi Saw ‘Tidak akan berdiri hari kiamat hingga zaman berdekatan,maka ada terjadi setahun terasa bagaikan sebulan,sebulan bagaikan se jum’at,sejum’at bagaikan sehari,sehari bagaikan sejam,sejam bagaikan hangusnya bara dalam api’.

Dari Jabir Ra,Nabi bersabda ‘Kelak akhir zaman ada suatu golongan yang berbuat kemaksiat kalau ditanya mereka berkata ‘Allah lah yang menakdirkan perbuatan ini kami lakukan’. Orang yang menentang pendapat mereka pada zaman itu bagaikan orang yang menghunus pedangnya dalam jihad fii sabilillah.’

Dari sa’ad,bahwa Nabi Saw bersabda ‘Ya’tii alaannasi jamaanun yakunul mu’minu fiihi adzallu min syaatihi’. Artinya : akan datang atas manusia suatu masa dimana keadaan orang mukmin pada masa itu lebih hina daripada dombanya’ (HR. Ibnu Asyakir)

Dalam sebuah hadist dari Abu Hurairai Ra,Rasulullah Saw bersabda ‘Bergegaslah menjalankan amal shaleh sebab akan terjadi berbagai fitnah bagaikan potöngan malam yang gelap gulita.disaat itu orang yang pada pagi hari beriman maka sore harinya menjadi kafir,dan orang yang pada sore harinya ia masih beriman maka pagi harinya kafir. Ia menjual agamanya dengan harta benda dunia’ (HR.Muslim)

sabda Nabi Saw ‘sebagian tanda2 dekatnya hari kiamat adalah banyaknya bacaan dan sedikit diantara mereka yang mengerti agama. Banyaknya umara tapi keamanan berkurang.’ (HR.Thabrani)

Sabda Nabi Saw ‘akan datang suatu masa sepeninggal ku,beberapa penguasa yang berdusta dan berbuat zhalim maka barangsiapa yang membenarkan kedustaan mereka dan membantu tindakan zhalim mereka itu maka ia bukan termasuk umatku dan bukanlah aku daripadanya. Dan ia tidak akan dapat sampai datang ke telagaku.’ (HR.Nasai,Turmudzi dan Hakim)

Dari Hudzaifah Ra,Nabi Saw bersabda ‘kelak akan datang padamu suatu masa,tidak ada yang lebih baik daripada 3 perkara yaitu uang yang halal,saudara yang menjadikan tentram dengannya dan sunnah yang dikerjakannya’ (HR.Thabrani)

Dan masih banyak lagi keterangan hadist yang menjelaskan tanda akhir zaman. Semoga Allah Swt melindungi kita semua dari segala keterlibatan keburukan golongan yang disebutkan hadist2 tsb diatas. Akhirnya kita berdoa bermunajat kepada Allah SWT agar selalu dalam petunjuk dan lindunganNya..

“Allahumma innii as’alukas salamata wash shihhata wal aafiyata fiddiini waddunyaa wal aakhirah , Robbanaa laa taj’alnaa ma’al qaumizh zhaalimiin , Robbanaa afrigh alainaa shabraw wa tawaffana muslimiin , washalallahu ala sayyidina Muhammadin wa ala alihi wasahbihi wasalam walhamdulillahi Robbil alamin.. Amiin”

Wallahu a’lam.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh..

Kategori:Islam Tag:
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: