Beranda > Islam > Kemunculan Dajjal

Kemunculan Dajjal


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Diantara salah satu tanda-tanda yang besar akan datangnya hari akhir adalah dengan munculnya ‘Dajjal’ yaitu makhluk yang matanya buta sebelah dan diantara kedua matanya tertulis huruf K.F.R. (muttafaq alaih,hadist yang disepakati oleh semua periwayatnya).

Abu Bakar Ashshidiq berkata bahwa Rasulullah saw bersabda ‘Dajjal keluar dari bumi disebelah timur (Masyria) yang bernama Khurasan yang mengikutinya adalah kaum2 yang wajah mereka bagaikan pemukul yang tebal dan keras.’ (HR.Abu Isa At Tirmidzi)

Dajjal adalah seorang penipu yang cerdik,ia amat mahir dan maju dalam ilmu pengetahuan tentang alam,karena kepandaiannya itu orang2 menganggapnya tuhan. Tingkah lakunya seperti orang sholeh dan ia mengajak berbuat kebajikan hingga banyak orang menjadi pengikutnya namun lama kelamaan ia mengaku nabi lalu orang2 beriman kpd Allah Swt mulai mendustakan dajjal,tidak lama berselang dajjal mengaku tuhan lalu orang2 mukmin pun terus banyak yg mendustakan nya. Tubuh dajjal semakin lama makin membesar bahkan kedalaman laut hanya selututnya maka makin nampaklah tulisan diantara 2 matanya dan dia mengembara ke seluruh dunia untuk mencari pengikut dan membantai setiap orang yang menentangnya.

Sebelum kemunculan dajjal ditandai dengan terjadinya kemarau berkepanjangan selama 3 tahun,sebagaimana hadist Nabi Muhammad Saw ‘Sesungguhnya sebelum keluarnya dajjal ada 3 tahun langit menahan air hujannya yaitu pada tahun pertama langit menahan 1/3 tetesannya dan bumi menahan 1/3 tumbuh2annya. Pada tahun kedua langit menahan 2/3 tetesan airnya dan bumi menahan 2/3 tumbuh2annya. Pada tahun ketiga langit menahan semua tetesan airnya dan bumi menahan semua tumbuh2annya sehingga tidak tersisa wajah bumi yang gersang dan hanya tinggal bebatuan yang mati.’ (HR.Thabrani)

Pada musim kemarau tsb banyak sekali binatang dan manusia yang mati terutama memasuki tahun ketiga. Manusia serba kekurangan,kelaparan,orang yang rakus,saling mencemooh,saling membunuh dan sebagainya. Namun dibalik semua itu ada hikmahnya terutama bagi orang beriman yang memegang teguh tali/buhul agama Allah Swt,sebagaimana firmanNYA “Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi,silih bergantinya siang dan malam,bahtera yang berlayar dilaut membawa apa yang berguna bagi manusia. Dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi setelah matinya dan Dia sebarkan dibumi itu segala jenis hewan dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi,sungguh itu tanda_tanda kebesaran Allah bagi kaum yang memikirkannya.” (QS.ALBaqarah:164)

Pada musim tsb,keadaan sangat amat sulit bagi orang beriman hanya bisa pasrah kepada Allah Swt dan bersabar,tawakkal dan bertaubat serta memperbanyak kalimat ‘SUBHANALLAH WALHAMDULILLAH WALA ILAHA ILALLAHU WALLAHU AKBAR’ sebab bacaan dzikir tsb dapat menjadi pengganti makanan dan mengenangkan lapar juga dahaga. Dari siti Aisyah Ra,Rasulullah Saw bersabda ‘Mereka para sahabat bertanya,apakah makanan mereka pada waktu itu? Nabi Saw menjawab: Tasbih,tahlil dan takbir’. (HR.Ahmad)

Tentang dajjal yang mengembara keliling dunia,dia berhasil melancarkan tipu dayanya dan banyak mendapat pengikut bahkan bermilyar2 manusia namun dajjal tidak dapat masul kedua kota suci umat Islam yaitu kota Makkah dan Madinah,sebagaimana sabda Nabi Saw dalam hadist dari Anas Ra, ‘Tiada suatu negri kecuali akan diinjak dajjal selain kota Makkah dan Madinah,setiap jalan masuk kesana dikawal oleh malaikat dengan berbaris.maka sampailah dajjal disebuah kebun (dipinggir kota Madinah) dan terjadilah 3 kali gempa bumi diMadinah lalu setiap orang kafir dan munafik keluar menuju kebun tadi’. (HR.Muslim)

Dalam riwayat dari Janadah bin Abi Umayyah, Rasulullah Saw bersabda ‘Dajjal tidak akan bisa datang kepada empat Masjid yaitu Ka’bah,Masjid Nabawi,Masjidil Aqsa dan Gunung Thur’ (alhadist)

Pada akhirnya dajjal bertemu seorang mujahid yang menentangkanya hingga terjadi perdebatan sengit,ksatria itu pun berkata dihadapan pengikut dajjal ‘wahai manusia,ingatlah! Inilah dajjal si pembohong besar yang telah disabdakan Nabi Muhammad Saw dari dahulu.’ akhirnya ksatria itu dihukum dan disiksa bahkan dajjal hendak membunuhnya namun dia tidak sanggup. Demikian dikisahkan di riwayat Muslim dari hadist yang panjang.diriwayat lain ksatria tsb meninggal pada masa itu juga sebagai syahid.

Akhirnya kita berlindung dan bertaqwa pada Allah Swt dan agar kita dimudahkan mengikuti tuntunan Rasulullah Saw. Laa ilaha illa anta subhanaka innii kuntu minazh zhalimin , Robbi audzubika min hamazaatisy syayaathiini wa audzu bika Robbi an yahduruun , washalallahu ala sayyidina Muhammadin wa ala alihi washahbihi wasalam walhamdulillahi Robbil alamin.

Wallahu a’lam.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Bersambung….

Kategori:Islam Tag:
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: